Thursday 12 December 2013

faktor dalam efektivitas kelompok

o   Faktor Sosial / Psikologis Yang Memperpengaruhi Efektivitas Kelompok :
ü  Anggota yang mempunyai personalitas dominan cenderung akan berpartisipasi secara lebih pula dari kontribusi yang seharusnya dia berikan, sehingga anggota lain tidak memperoleh kesempatan untuk berpartisipasi
ü  Anggota yang berstatus rendah akan mempunyai kecenderungan untuk berbeda pendapat dengan anggota yang berstatus tinggi.
ü  Adanya tekanan dari suatu kelompok tertentu agar anggota kelompok mengikuti dan menuruti aliran dominan dalam kelompok.
ü  Lama – kelamaan kelompok cenderung kehilangan perspektif tugas utama mereka dan akan terlibat pada hal – hal yang tidak begitu penting.
ü  Akan muncul saat dimana adanya suatu kecenderungan kelompok kurang memperhatikan langkah eksplorasi masalah  dan pencarian alternative terbaik. Mereka cenderung terlalu cepat melangkah  kedalam tahap pemilihan alternative.
ü  Kontribusi anggota kelompok secara individu dibatasi oleh keterbatasan mental masing – masing dan miskomunikasi sesama anggota.

o   Usaha untuk meningkatkan efektivitas kelompok
Ada beberapa cara yang ditempuh untuk meningkatkan efektivitas dari kelompok  pembuatan keputusan, antara lain :
§  Ciptakan suasana kondusif  agar anggota kelompok saling mengenal dan memahami watak, sifat dan karakteristik anggota satu sama lain.
§  Usahakan agar anggota kelompok mengikuti rencana awal yang sudah ditetapkan sebelumnya.
§  Gunakan peragaan informasi ( grafik, label, diagram ) yang menarik, sehingga anggota kelompok akan merasa tertarik dan memperoleh informasi yang diinginkan dengan sejelas – jelasnya.
§  Usahakan tiap anggota kelompok mempunyai dan memperoleh kesempatan yang sama dalam manajemen diskusi yang baik.
§  Tetap menghargai usulan dan saran serta perbedaan pendapat yang mungkin saja terjadi antar anggota kelompok.

No comments: